MUSLIM TERATAI

Media Informasi Muslim Perumahan Taman Teratai – Batam

Masjid-Masjid Euro 2012 Di Ukraina, nonton bola tidak lupa untuk sholat

Tinggalkan komentar

Image

EURO 2012 sudah dimulai. Kejuaraan sepak bola empat tahunan ini dilaksanakan di dua negara yang menjadi tuan rumah bersama Polandia dan Ukraina. Namun, bagi kita orang Islam, tidak boleh juga dilupakan soal masjid di dua negara itu. Maklum, masjid adalah tempat beribadah kita. Masjid juga bisa dijadikan tempat transit pertama.

Para penggemar sepakbola pastinya sudah faham betul empat kota Ukraina yang akan menjadi penyelenggara Euro 2012. Kota kota tersebut adalah : Kota  Kiev, ibukota Ukraina dengan Stadion Olimpiysky National Sports Complex atau disingkat NSC Olimpiysky (60 ribu tempat duduk), kota Donetsk dengan stadionDonbass Arena (50 ribu tempat duduk), Kota Kharkiv dengan Metalist Stadium-nya yang berkapasitas 35 ribu tempat duduk dan kota Lviv dengan stadionArena Lviv berkapasitas 30 ribu tempat duduk.

Image

Ukraina memiliki jumlah muslim yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan tetangganya, Polandia yang sama sama menjadi tuan rumah Euro 2012. Bila kita merujuk kepada catatan wikipedia saja, di Ukraina terdapat selusin masjid megah berukuran besar bagi sekitar dua juta Muslim di negara itu. dari dua belas masjid itu tiga diantaranya berada di tiga kota penyelenggara Euro 2012, yakni Masjid Ar-Rahma di Kota Kiev, Ahat Jami Mosque Donetsk di kota Donetsk dan Kharkov Cathedral Mosque di kota Kharkiv, sedangkan kota kota Lviv belum memiliki bangunan masjid. Jadi, Nonton Euro 2012 secara langsung oke saja tapi jangan lupa sholat ya. Berikut ini ulasan masjid masjid tersebut.

1. Masjid Ar-Rahma Kota KIEV, Ukraina

Kiev ibukota Ukraina. Kota ini terpilih menjadi salah satu penyelenggara Euro 2012, telah menyiapkan stadion mewah bernama  NSC Olimpiysky, Kiev yang menjadi sarangnya dari klub bola ternama kota itu, Dynamo Kiev. Kota kiev memiliki satu satunya masjid resmi, sisanya adalah masjid tak resmi di pusat pusat perniagaan kota itu. Setelah sekian lama muslim kota ini mengimpi impikan memiliki sebuah masjid, ahirnya impian itu terwujud di tahun 2000 lalu. Masjid Ar-Rahma Kiev dibangun dari dana swadaya muslim Kiev sejak tahun 1996 dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 3 Desember 2000, bertepatan dengan hari peringatan kemerdekaan Ukraina ke 20.

 Ar-Rahma Mosque     

46 Lukyanovskaya str., Tatarska district

Kiev, 04071, UKRAINE

Telepon : 044-4651877; 4651878

Fax : 4561770

Email:  islam@i.kiev.ua

URL:    http://www.islamyat.org

Masjid Ar-Rahma dibangun di Kawasan Tatarka di bukit Shchekavitsya, lokasi merupakan kawasan komunitas muslim Tatar di kota Kiev. Di daerah ini komunitas muslim Tatar sudah eksis sejak lama, Pemakaman khusus muslim Kiev berada tak jauh dari komplek masjid ini, di dalam peta di atas komplek pemakaman muslim tersebut ditulis dengan nama mosulman’s-ke cemetry.

2. Ahat Jami Mosque, Donetsk, Ukraina

Masjid Jami Ahat di kota Donetsk, Ukraina dibangun sebagai penghormatan kepada Akhat Bragin, yang mendanai pembangunannya. Sedangkan salah satu menaranya diberi nama Rinat Akhmetov, sebagai penghormatan kepada beliau. Sejarah masjid ini bermula di tahun 1993 ketika muslim kota Donetsk membentuk sebuah yayasan bernama Star of the Prophet (bintang Nabi) dan setahun kemudian yayasan tersebut meretas jalan bagi pendirian masjid pertama di kawasan itu dengan nama Masjid Ibnu Fadlan. Rencananya masjid tersebut akan dibangun meniru salah satu masjid di Istambul, Turki.

 Ahat Jami Mosque, Donetsk

Marshala Zhukova Ave

Donets’k, Donets’ka oblast, Ukraine

koordinat : 48°03′11.5″N 37°43′11″E

Akhat Bragin selaku penyandang dana utama pembangunan masjid ini, tewas secara tragis pada 15 Oktober 1995 dan nama beliau kemudian di abadikan menjadi nama masjid ini sebagai bentuk penghormatan bagi-nya. Awalnya masjid ini hanya akan dilengkapi dengan satu menara namun dengan pendanaan dari Rinat Akhmetov kemudian dibangun dua menara. Itu sebabnya salah satu menara tersebut diberi nama menara Rinat Akhmetov.

Masjid ini selain sebagai tempat ibadah utama ummat islam di kota Donetsk, di sini juga menjadi kampus bagi Universitas Islam Ukraina yang menjadi institusi pendidikan tinggi Islam pertama di Ukraina. Masjid Ahat diresmikan pada tanggal 3 September 1999 bersamaan dengan peresmian Universitas Islam Ukraina yang bermarkas di salah satu lantai masjid ini.

3. Kharkiv Cathedral Mosque, Ukraina

Di kota Kharkiv berdiri megah Masjid Katedral Kharkiv, juga biasa disebut sebagai Masjid Khavidrali, (dalam bahasa Ukraina: Харківська соборна мечеть). Masjid Katedral Kharkiv aslinya sudah berdiri sejak tahun 1905 namun kemudian dihancurkan tahun 1936 semasa kekuasaan Uni Soviet. Barulah pada tahun 2006 bangunan masjid tersebut dibangun kembali di lokasi yang sama.

Kharkiv Cathedral Mosque

Kharkiv, Ukraine

District Kharkiv

Koordinat geografi :

49° 59′ 7″ N, 36° 13′ 13″ E

49.985278, 36.220278

UTM    37U 300738 5540697

Masjid Katedral Kharkiv dibangun tahun 1905 ditepian sungai Lopan. Namun di masa kekuasaan Uni Soviet di Ukraina, tahun 1936 pemerintahan komunis merobohkan masjid tersebut dengan alasan bahwa bangunan masjid Katedral Kharkiv menghalangi aliran sungai Lopan. Paska kemerdekaan Ukraina setelah runtuhnya Uni Soviet, maka masjid inipun dibangun kembali di lokasi yang sama oleh komunitas muslim setempat di tahun 1999. Kini Umat Islam Kharkiv dapat kembali menjalankan peribadatan dengan bebas tanpa tekanan dan intimidasi. Mayoritas jemaah masjid ini terdiri dari jemaah muslim Tatar, Tatar Krimea dan keturunan Turki.

4. Lviv, Islamic Center – Mosque

Kota Lviv menjadi satu satunya kota penyelenggara Euro 2012 di Ukraina yang belum memiliki satupun bangunan masjid. Sampai kini sejumlah kecil muslim di Kota Lviv menjalankan aktivitas peribadatan dan aktivitas ke-Islaman lainnya di sebuah ruang aula di lantai atas asrama mahasiswa di kampus Liviv National Medical University. Mahasiswa dari berbagai negara Islam di Timur Tengah hingga kawasan Afrika yang menuntut ilmu di kampus ini yang kemudian berinisiatif mendirikan masjid di asrama mereka.

Al-Nebras” Islamic Philanthropic Organization, Lviv , Ukraine

Lviv, Islamic Center – Mosque 79014, UKRAINE

Mechenkova Str 27 A. lviv , Ukraine

Phone : +380635863031 or +380988022940 (Ryad Goulvadeen)

Email : alnebrasorg@gmail.com atau pharmryad@gmail.com

URL : http://www.arraid.org

Masjid di asrama kampus tersebut diberi nama Masjid Al-Nebras. Masjid ini menjadi satu satunya institusi Islam di kota Kota Lviv. Al-Nebras juga menjadi lembaga yang mengelola masjid dan dakwah Islam di Kota Lviv dibawah pimpinan Dr. Waleed Masoud. Lembaga ini mendorong muslim Lviv untuk lebih dekat dengan Islam dengan pemahaman yang baik. Al-Nebras juga memberikan bimbingan bagi Mualaf, pendidikan Al-Qur’an, menyelenggarakan sholat berjamaah lima waktu termasuk sholat Jum’at dan ritual peribatan selama bulan suci Ramadhan dan dua hari raya. Khutbah Jum’at di masjid ini disampaikan dalam dua bahasa, bahasa Arab dan Bahasa Rusia. [bujangmasjid]

Iklan

Penulis: Masjid Al-A'laa Taman teratai - Batam

Membangun Ukhuwah dan Keshalihan Umat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s