MUSLIM TERATAI

Media Informasi Muslim Perumahan Taman Teratai – Batam

Biro Perjalanan Jamaah Haji Khusus Siap-Siap Gigit Jari

Tinggalkan komentar

Image

Jakarta – Kalau tahun lalu Jamaah Haji Khusus (ONH Plus) masih dapat tambahan kuota 6.500 orang jamaah dari hasil pemberian kuota tambahan Pemerintah Arab Saudi sebanyak 10.000 orang, maka tahun ini ratusan biro perjalanan haji khusus yang tergabung dalam AMPHURI dan AMPUH dipastikan akan gigit jari dengan tidak dapat kuota tambahan lagi. Sebab jika Pemerintah Arab Saudi hanya memberi kuota tambahan  10.000 orang saja sebagaimana tahun lalu, maka yang 9.000 akan habis untuk diprioritaskan bagi jamaah haji regular yang berusia diatas 80 tahun.   

Kepada para wartawan seusai membuka Rakornas Kemenag 2012 di Hotel Mercure, Jakarta, Rabu (20/6), Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan untuk tahun ini kuota tambahan akan dihabiskan bagi jamaah haji yang berusia diatas 80 tahun untuk segera diberangkatkan ke tanah suci. Sedangkan tahun depan akan diprioritaskan bagi jamaah haji yang berusia diatas 70 tahun.

“Kemungkinan jamaah haji khusus tidak akan mendapat kuota tambahan sebagaimana tahun lalu yang mencapai 6.500 orang jika Pemerintah Arab Saudi hanya memberi kuota tambahan 10.000 orang sehingga jumlah jamaah haji Indonesia tahun ini menjadi 221.000 orang. Sebab kuota tambahan itu akan diprioritaskan bagi jamaah haji berusia 80 tahun keatas yang jumlahnya mencapai 9.000 orang,” ungkap Suryadharma Ali.

Dikatakan Menag, untuk jamaah haji berusia 80 tahun keatas wajib didampingi 1 orang anggota keluarganya yang sudah mendaftar haji, sehingga jumlah mencapai 18.000 orang, padahal kuota tambahannya diprediksi seperti tahun lalu hanya 10.000 orang jamaah, sehingga jumlah sebanyak itupun sebenarnya masih kurang. Tahun itu kuota dasarnya dari pemerintah Arab Saudi mencapai 211.000 orang, dibagi 194.000 orang untuk jamaah haji regular dan 17.000 orang jamaah haji khusus. Jika ada kuota tambahan 10.000 orang, maka jamaah haji regular mencapai 204.000 orang dan jamaah haji khusus tetap 17.000 orang.

Namun sesungguhnya masih ada sedikit harapan bagi biro perjalanan haji khusus untuk mendapat kuota tambahan jikalau pemerintah Arab Saudi menaikkan kuota tambahannya menjadi 30.000 orang jamaah, sehingga tahun ini jumlah jamaah haji Indoensia bisa mencapai 241.000 orang.

“Kementerian Agama sudah mengirim dua Surat Permohonan ke Kementerian Haji Arab Saudi untuk meminta tambahan kuota hingga 30.000 orang. Jika ini dikabulkan, maka jamaah haji Indoensia tahun ini akan mencapai 241.000 orang,” ujar Sekjen Kemenag Bahrul Hayat yang mendampingi Menag Suryadharma Ali.

Sementara itu mengenai belum ditetapkannya Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini oleh Komisi VIII DPR RI, Menag Suryadharma Ali sangat menyayangkan, sebab sudah mendekati datangnya bulan suci Ramadhan.

“Terus terang Kemenag gelisah dengan belum ditetapkannya BPIH, sebab bulan Ramadhan sudah mendekat, sehingga calon jamaah haji tahun ini harus segera melunasinya, belum lagi konsentrasi pada Ramadhan dan Idul Fitri yang semuanya memerlukan biaya tidak sedikit,” tegas Menag Suryadharma Ali. Untuk itu dia menghimbau agar Komisi VIII DPR RI segera menetapkan BPIH tahun ini paling lambat sebelum datangnya bulan suci Ramadhan yang akan jatuh pada 20 Juli mendatang. (SIonline)

Penulis: Masjid Al-A'laa Taman teratai - Batam

Membangun Ukhuwah dan Keshalihan Umat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s