MUSLIM TERATAI

Media Informasi Muslim Perumahan Taman Teratai – Batam

Ramadhan Tiba, Harga Sembako Di Turki Stabil

Tinggalkan komentar

Image

BULAN Ramadhan, bulan suci satu-satunya yang termaktub dalam Al-Quran. Bulan yang selalu dinantikan kedatangannya bagi umat Muslim. Bulan yang didalamnya wajib untuk berpuasa selama satu bulan penuh.

Anehnya, walaupun jatah makan hanya dua kali sehari. Kebutuhan pangan melonjak naik, dan biasanya ini membuat harga kebutuhan pangan ikut melonjak naik. Ini di Indonesia, bagaimana dengan Turki?

Turki akan memulai shaum pada hari jum’at besok (20/7/2012), para pedagang di pasar pangan mengantisipasi penjualan yang akan melambung. Karena tentunya, orang-orang akan berbelanja lebih banyak dari biasanya untuk memperindah meja makan mereka.

Bulan Ramadhan akan menjadikan pasar pangan lebih dinamis dari biasanya. “Ramadhan tentu membawa keberkahan. Orang-orang sudah mulai berbelanja makanan di pasar, tetapi tidak akan ada kejutan kenaikan harga menunggu mereka,” kata Cemal Odavişta, seorang pedagang di Edirne.

Odavişta mengharapkan lebih banyak sayuran akan terjual selama bulan Ramadhan kali ini. “Kami sangat mengharapkan lonjakan penjualan. Dan semoga harapan itu memang ada di bulan Ramadhan tahun ini.”

Begitu juga dengan peryataan Bendevi Palandoken, Presiden Konfederasi Pedagang dan Pengusaha Turki (TESK) telah merilis pernyataan resmi tentang pasar. Ia menyatakan bahwa akan ada kenaikan penjualan hingga 30 % lebih, yang berarti sekitar 3-4 miliar akan mengalir ke pasar pangan.

Palandoken menyebutkan bahwa rumor terakhir yang beredar tentang kenaikan harga selama Ramadhan, hanyalah sebuah isu yang jauh dari kenyataan. Bahkan ia menyarankan warga untuk tidak membeli makanan dari penjual yang menaikkan harga.

“Pedagang tidak akan menaikkan harga, tapi kalau ada yang melakukan hal ini, saya sarankan tidak membeli apa pun dari pedagang tersebut,” terangnya. [hf/islampos/worldbulletin]

Penulis: Masjid Al-A'laa Taman teratai - Batam

Membangun Ukhuwah dan Keshalihan Umat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s