MUSLIM TERATAI

Media Informasi Muslim Perumahan Taman Teratai – Batam

Seperti Inilah Suasana I’tikaf di Kerajaan Arab

Tinggalkan komentar

Image

I’TIKAF yang oleh fuqaha (ahli fiqih) dijelaskan sebagai berdiam diri di mesjid untuk berzikir dan bertaubat kepada Allah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keseluruhan ritual bulan ramadhan.

Hal menarik dapat kita temukan dari pelaksanaan I’tikaf di Arab, yakni kebanyakan masjid yang melaksanakan salah satu bentuk ritual ibadah dalam agama Islam itu biasanya milik para dermawan atau orang kaya Arab. Karenanya, kira-kira sepekan sebelum 10 malam terakhir sebagai waktu pelaksanakan i’tikaf, biasanya dikeluarkan pengumuman mengenai masjid-masjid yang melaksanakan ibadah tersebut.

“Bagi yang ingin melaksanakan ibadah i’tikaf pada 10 malam terakhir mesjid fulan di jalan fulan mengundang saudara-saudara yang berminat,” seperti itulah bunyi salah satu pengumuman yang biasa disebarkan.

Para mu’takifin tidak perlu memikirkan bekal selama melaksanakan ibadah tersebut karena mulai dari buka puasa hingga santap sahur selama 10 malam penuh ditanggung oleh para dermawan yang umumnya terdiri dari kalangan pengusaha.

Ditanggung Oleh Sang Empunya Masjid

Selain dana untuk pelaksanaan ibadah i’tikaf, para dermawan Arab juga tak ketinggalan untuk saling berlomba mengadakan buka puasa bersama setiap hari dengan para fakir miskin di masjid-masjid.

Tradisi orang-orang kaya Arab untuk meningkatkan sadaqah terutama untuk memberikan buka puasa kepada saudara mereka yang kurang mampu pada bulan suci. Dan hal tersebut dilakukan selama turun temurun sejak zaman Nabi dan para sahabat.

Karena itu, bagi para musafir atau mereka yang tidak mampu menyantap hidangan buka puasa yang tegolong mewah, tidak perlu khawatir sebab hampir setiap masjid umumnya senantiasa menyediakan hidangan berbuka.

Dengan kata lain, bulan puasa bagi sebagian orang Arab benar-benar dijadikan sebagai bulan solidaritas sosial bersama saudara-saudara mereka yang tidak mampu. [islampos/ph]

Penulis: Masjid Al-A'laa Taman teratai - Batam

Membangun Ukhuwah dan Keshalihan Umat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s