MUSLIM TERATAI

Media Informasi Muslim Perumahan Taman Teratai – Batam

Sholat Idul adha & pemotongan Hewan Qurban Masjid Al-a’laa

Tinggalkan komentar

Warga muslim Perumahan Taman Teratai & Perumahan Puri surya, RW 19, Kelurahan Sei Langkai, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, melaksanakan sholat Idul Adha, di Halaman Parkir Ruko Puri Surya, Jum’at (26/10).

Bertindak selaku Imam Ust. Edi Hermanto S.Thi dan khotib Ust. Abdul Basyith, LC dari Tanjung Balai Karimun.

Dalam Khotbahnya, Ust. Abdul Basyith, LC mengatakan, perintah Qurban pertama kali diturunkan Allah Subhanahu Wataalla, kepada kedua putra Nabi Adam yang bernama Qobil dan Habil.

Menurut riwayat Ibnu Abas dan Ibnu Umar, Habil menjalankan perintah Allah untuk berqurban, dengan hati yang ikhlas. Habil memilih seekor domba dari ternaknya, yang gemuk dan sehat. Sedangkan saudaranya Qobil, melaksanakan perintah Allah dengan hati yang tidak ikhlas dan memillih dari hasil pertaniannya yang tidak baik.

Dalam riwayat itu disebutkan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala, lebih menerima qurban yang dikerjakan oleh Habil, dia menjalankan perintah Allah itu dengan tulus dan ikhlas. Namun qurban dari Qobil tidak diterima karena didasari dengan hati yang tidak ikhlas.

Sedangkan perintah qurban selanjutnya diterima oleh Nabi Ibrahim Alaihis Salam. Allah memerintahkan Ibrahim untuk menyembelih putra satu-satunya yang bernama Ismail, melalui sebuah mimpi.

Dengan keimanan yang teguh, Nabi Ibrahim menyampaikan perintah Allah itu pada putranya Ismail. Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua dan keimamanan kepada Allah, Ismail merelakan dirinya untuk disembelih oleh orang tuanya. Ketika Ibrahim sedang menyembelih putranya, Allah menggantinya dengan seekor domba.

Dijaman syariat Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam, ibadah Qurban itu diwariskan kepada umat Islam dalam wujud “Udh-Hiyah”, yang artinya penyembelihan ternak yang bermakna dengan kata qurban. Makna dari qurban itu sendiri salah satunya dapat diartikan sebagai dimensi keimanan manusia dalam menjalankan perintah Allah.

Pada tahun ini panitia qurban (masjid Al-A’laa Perumahan Taman Teratai & Musholla At-Taqwaa Perumahan Puri Surya) menerima sebanyak 37 hewan kurban terdiri dari 3 ekor sapi dan 16 ekor kambing. (@@)

Berikut Foto-fotonya:

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Penulis: Masjid Al-A'laa Taman teratai - Batam

Membangun Ukhuwah dan Keshalihan Umat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s