MUSLIM TERATAI

Media Informasi Muslim Perumahan Taman Teratai – Batam

Jamaah Subuh Merosot, DKMA Banda Aceh adakan Program Subuh Keliling

Tinggalkan komentar

ImagePrihatin jamaah shalat subuh di masjid atau meunasah Aceh yang kian hari kian menurun,  Pengurus Daerah Dewan Kemakmuran Masjid Aceh Kota Banda Aceh memastikan bahwa program unggulan tahun 2013, menjalankan Subuh Keliling (SULING) ke 106 masjid di kawasan Banda Aceh.

Menurut Ketua Umum PD DKMA B. Aceh, Drs. H. Ibnu Sa’dan M.Pd, kegiatan SULING, telah dilaksanakan oleh DKMA Banda Aceh sejak pertengahan 2012 lalu dengan format sebulan dua kali, serta mengutamakan kunjungan pada masjid-masjid yang jama’ah subuhnya minim.

“Kegiatan semacam ini turut diikut sertakan puluhan pengurus DKMA serta sejumlah BKM dan remaja masjid. Jika sudah kumpul pada SULING tersebut, terasa ada suasana berbeda yang dirasakan masyarakat sekitar masjid,” sebut Ibnu yang kini menjabat Kakanwil Kemenag Aceh.

Sementara itu, Sekretaris DKMA, Tgk Adnan Ali menyebutkan, acara SULING juga turut diisi dengan ceramah subuh usai shalat berjama’ah dan sarapan pagi bersama jama’ah yang hadir.

“Setiap kegiatan, minimal kita sediakan sarapan paginya. Rata-rata lima ratus ribu setiap SULING, dan uang yang dibelanjakan untuk sarapan di dapat dari meuripee (kumpulan) para jama’ah,” jelas Adnan salah seorang pengurus BKM Al Furqan Beurawe.

Inti kegiatan, lanjut Adnan, adalah silaturrahmi antar jama’ah masjid serta memperkuat dan memperkokoh keinginan para pengurus BKM Masjid se kota Banda Aceh agar jama’ah subuh di setiap masjid kian hari bertambah banyak.

“Menjadi prihatin semua kita, ketika shalat subuh di masjid atau meunasah belakangan ini jama’ah kian hari hanya beberapa orang saja.

Shalat subuh di Masjid, tak mungkin digerakkan dengan cara Allah beri gempa buat kita jelang subuh, maka masjid kembali terisi, untuk itu DKMA berkomitmen menjalankan rutinitas SULING ini,” ujar Adnan yang turut diiyakan Ibnu Sa’dan.

Ahad besok, (24/02/2013), DKMA Banda Aceh menentukan Masjid Baiturrahim Ule Lheu sebagai tempat dilaksanakan SULING akhir bulan. Kepada warga yang berdekatan atau pihak-pihak yang merasa terpanggil akan shubuh keliling, diboleh ikutsertakan pada acara tersebut.*/Ridho, Aceh

Penulis: Masjid Al-A'laa Taman teratai - Batam

Membangun Ukhuwah dan Keshalihan Umat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s